Jumat, 18 November 2016

Cara Merawat Kupu kupu

Cara Merawat Kupu kupu

Menawan, kupu-kupu yang memiliki warna beraneka ragam membuat dunia menjadi tempat yang lebih indah, bukankah begitu? Ada sesuatu yang ajaib jika kita menyelidiki siklus hidup mereka, itulah mengapa membesarkan kupu-kupu dari tahap ulat adalah hal yang populer dalam kelas eksperimen. Anda memulai dengan ulat bayi, memberi makan banyak daun dan merawat kepompong mereka untuk memastikan mereka tetap aman ketika mereka sedang transisi menjadi kupu-kupu. Ketika kupu-kupu muda muncul beberapa bulan kemudian, mereka membutuhkan banyak ruang untuk meregangkan sayap mereka dan belajar untuk terbang. Pada akhirnya, kupu-kupu dewasa dapat dilepas di alam bebas dan mereka dapat merasakan sinar matahari, udara segar, dan bunga.

Bagian 1 dari 3: Memulai dengan Ulat

  1. 1
    Mulai dengan ulat bayi. Jika ini adalah saat pertama Anda membesarkan ulat, Anda mungkin membutuhkan sebuah kit(kotak yang berisi barang dan bahan yang dibutuhkan untuk tujuan tertentu) ulat. Anda dapat memesan kit secara daring dan memilih jenis spesies kupu-kupu. Kit berisi segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk membesarkan ulat sampai menjadi kupu-kupu. Jika Anda suka, Anda dapat mencari ulat di sekitar lingkungan Anda dan memberikan apa yang mereka butuhkan untuk menjadi kupu-kupu yang sehat. Ini sedikit rumit, karena Anda perlu untuk mencari makanan segar bagi mereka setiap hari, tetapi Anda akan belajar banyak tentang spesies asli di daerah Anda.
    • Jika Anda ingin membeli kit kupu-kupu, pertimbangkan mempunyai spesies kupu-kupu yang dapat bertahan hidup di wilayah Anda saat Anda melepaskan kupu-kupu tersebut. Lakukan sedikit penelitian untuk mencari tahu populasi kupu-kupu di daerah Anda yang dapat ditingkatkan. [1]
    • Jika Anda ingin mencari ulat Anda sendiri, pergi ke luar dan melihat-lihat. Cari tanaman inang berikut untuk menemukan spesies ulat yang berbeda:[2]
      Ulat/Spesies Kupu-kupu Tanaman Inang
      Monarch Milkweed
      Spicebush Swallowtail Spicebush
      Zebra Swallowtail Paw-paw
      Black Swallowtail Dill, fennel and parsley
  2. 2
    Simpan ulat di sebuah botol berukuran 3,8 liter yang ditutupi dengan kain tipis. Ini akan menjaga ulat untuk merangkak pergi dan kabur serta memberikan mereka tempat yang aman, dan lingkungan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda dapat memasang kain di sekitar mulut botol dengan sebuah karet gelang untuk mengencangkan kain tersebut. Jika Anda memesan sebuah kit kupu-kupu, Anda akan mendapatkan sebuah botol dengan ventilasi yang tertutup untuk dapat Anda gunakan.
    • Taruh tidak lebih dari 2 sampai 3 ulat secara bersamaan di dalam satu botol. Jika mereka semua menjadi kupu-kupu, mereka membutuhkan banyak ruang ketika mereka keluar dari kepompong.
    • Botol ulat harus dibersihkan setiap hari, karena ulat menghasilkan banyak kotoran. Jika Anda membiarkan kotoran di dalam botol, jamur dapat tumbuh, yang mana tidak sehat bagi ulat. Melapisi botol dengan handuk kertas sehingga Anda mudah untuk menggantinya saat membersihkan botol.
    • Meletakkan tongkat panjang di dalam botol sehingga ulat mempunyai tempat untuk memanjat. Ketika Anda mengganti handuk kertas, berhati-hati untuk tidak melukai ulat. Tunggu sampai ulat memanjat tongkat, kemudian dengan berhati-hati mengangkat ulat keluar saat Anda mengganti kertas. Mungkin akan lebih efektif untuk mempunyai botol kedua yang sudah dilapisi kertas. Sehingga Anda dapat dengan mudah membolak-balikkan ulat.
    • </il>
    • Memberi pakan ulat dengan daun segar setiap hari. Hal ini tidak penting untuk dilakukan jika Anda menggunakan sebuah kit, yang mana telah tersedia makanan khusus untuk ulat, tetapi jika Anda menemukan ulat di alam liar, ulat akan membutuhkan daun segar setiap hari. Mereka memilih makanan dan hanya memakan daun dari tanaman tempat mereka berasal. Ingat jenis tanaman ketika Anda menemukan ulat dan beri mereka daun segar yang tepat.
      • Ulat tidak akan memakan daun yang tua atau kering, jadi penting untuk memastikan apa yang Anda beri untuk ulat adalah daun yang segar. Anda mungkin ingin menanam tanaman inang di dalam pot sehingga Anda selalu mempunyai persediaan daun segar.
      • Ulat mendapatkan air yang mereka butuhkan dari daun, jadi tidak perlu untuk memberi air ke dalam botol.
      • Jika Anda tidak yakin jenis ulat yang Anda miliki, cari keterangan di field guide(buku panduan yang digunakan untuk mengidentifikasi burung,tanaman,serangga,dll) untuk mencari tahu. Jika Anda tetap tidak dapat mengetahui jenis ulat yang Anda miliki, Anda harus melepas kembali ulat tersebut, karena ulat akan mati jika Anda salah memberi mereka makan. [3]

Bagian 2 dari 3: Membantu Bayi Kupu-kupu Terbang

  1. 1
    Menjaga kepompong.Kepompong adalah seekor ulat yang memasuki tahap pupa, tahap ini akan membuat ulat melewati transisi untuk menjadi kupu-kupu. Kepompong biasanya akan melekat pada sebuah tongkat, karena kupu-kupu harus mampu menggantungkan diri ketika mereka keluar. Pada tahap ini, tugas Anda untuk menjaga lingkungan botol tetap baik dan lembap, sehingga kepompong tidak akan mengering. Gunakan botol semprot untuk menyemprotkan air ke dalam botol dari waktu ke waktu.
    • Tahap pupa berlangsung selama beberapa bulan, dan sewaktu tahap ini berlangsung Anda tidak akan melihat terlalu banyak aktivitas, tetapi yakinlah bahwa pupa tetap hidup dan akan segera keluar dari kepompong. Jika Anda menangkap ulat pada musim gugur, mereka akan muncul pada waktu musim semi.
  2. 2
    Pastikan mereka berada di tempat yang baik. Jika kepompong tidak melekat pada sebuah tongkat, atau tidak bergantungan di tempat dimana kupu-kupu dapat berbaring, Anda harus memindahkan kepompong ke tempat yang lebih baik. Jika kupu-kupu keluar dan terlalu dekat dengan dasar botol, atau di tempat yang sempit dimana mereka tidak dapat bergantungan dan meregangkan sayap mereka, sayap mereka tidak akan terbentuk dengan semestinya dan mereka tidak akan dapat terbang.
    • Jika kepompong berada di tongkat yang terlalu dekat dengan dasar botol, Anda dapat dengan mudah memindahkan tongkat ke posisi yang lebih baik. Anda juga dapat mengikat bagian bawah tongkat ke tongkat lain untuk membuat tongkat lebih panjang jika diperlukan. Kepompong harus berada pada posisi dekat bagian atas dari botol, bergantung dari bagian bawah tongkat.
    • Jika kepompong berada di dasar botol, Anda harus melekatkan kepompong ke sebuah tongkat. Gunakan lem untuk mengelem dari satu bagian ujung kepompong ke bagian bawah tongkat, kemudian letakkan tongkat di tempat yang baik.
  3. 3
    Perhatikan saat kupu-kupu muncul. Setelah beberapa bulan, kepompong akan berubah warna menjadi hitam atau bening, yang menunjukkan saatnya bayi kupu-kupu keluar dari kepompong. Proses ini hanya berlangsung beberapa detik untuk bayi kupu-kupu keluar dari kepompong dan mulai meregangkan sayap mereka. Mereka akan menggantungkan diri mereka di bagian bawah tongkat dan secara perlahan-lahan menggerakkan sayap mereka, dan membiarkan sayap mereka untuk mengeras. Sekali lagi, jika mereka tidak mempunyai ruang yang cukup untuk melakukan proses esensial ini, sayap mereka tidak akan terbentuk dengan sempurna dan mereka tidak akan dapat terbang. [4]
    • Ketika Anda menyadari bahwa kupu-kupu akan segera keluar dari kepompong, pastikan lingkungan di dalam botol baik dan lembap.
    • Jika kupu-kupu jatuh ke dasar dari botol, jangan khawatir! Kupu-kupu dapat memanjat kembali ke tongkat dan menemukan tempat yang bagus untuk menggantungkan diri.

Bagian 3 dari 3: Melepas dan Memberi Makan Kupu-kupu Dewasa

  1. 1
    Melepas kupu-kupu ketika mereka mulai terbang. Ketika kupu-kupu mulai beterbangan di sekitar botol, inilah waktunya! Bawa botol keluar dan taruh botol di dekat inang tanaman mereka. Buka botol dan biarkan kupu-kupu bebas. Nikmati kenyataan bahwa Anda telah memberikan kontribusi ke ekosistem lokal dengan membantu populasi kupu-kupu untuk terus berkembang.
    • Kupu-kupu mempunyai kesempatan terbaik untuk bertahan hidup jika Anda membebaskan mereka, dibandingkan mencoba menyimpan mereka di dalam ruangan. Jika udara di luar dingin atau Anda ingin mengamati kupu-kupu untuk beberapa hari, Anda dapat menyimpan kupu-kupu di dalam rumah. Taruh kupu-kupu di botol yang sangat besar dengan beberapa tongkat, dan beri mereka larutan gula yang akan dijelaskan di langkah selanjutnya.
  2. 2
    Memberi pakan kupu-kupu larutan gula. Jika Anda ingin memberi pakan ke kupu-kupu, mungkin karena udara di luar terlalu dingin untuk melepas mereka atau Anda ingin mengamati mereka saat makan, Anda dapat menggunakan spons kecil yang direndam di larutan gula dengan takaran 1 gula banding 4 air. Kupu-kupu akan datang menghampiri gula dan merasakan dengan kaki mereka.[5]
    • Jangan menaruh larutan gula di piring atau membuat genangan larutan gula, karena kupu-kupu dapat terjebak di larutan tersebut oleh larutan gula yang lengket, membuat kupu-kupu kesulitan atau tidak mungkin untuk terbang.
    • Anda juga dapat memberi pakan kupu-kupu minuman olahraga atau jus buah sebagai ganti air gula.
  3. 3
    Menyelamatkan kupu-kupu yang sakit. Jika Anda melihat kupu-kupu yang bergerak lambat atau tersandung, atau salah satu sayap kupu-kupu robek, ada langkah yang bisa Anda ambil untuk menyelamatkan kupu-kupu ! Selalu ingat untuk menangani kupu-kupu dengan lembut jika Anda mencoba salah satu dari perawatan pertolongan pertama berikut:
    • Untuk kupu-kupu yang terlihat lemas atau lapar , Anda dapat menyelamatkan kupu-kupu dengan memberi mereka makanan. Mencampur air gula dan merendam spons di air gula. Dengan lembut ambil saya kupu-kupu di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda, dengan hati-hati dan tidak mencubit terlalu keras. Atur posisi kupu-kupu pada spons. Kupu-kupu makan melalui mulut yang berbentuk seperti tabung melengkung. Jika mulut kupu-kupu tidak mengembang, Anda dapat membantu untuk merentangkan mulut kupu-kupu ke arah makanan menggunakan tusuk gigi. Setelah kupu-kupu merasa pulih, kupu-kupu akan kembali terbang. [6]
    • Untuk kupu-kupu dengan sayap yang robek, Anda dapat merekatkan sayap kupu-kupu untuk memulihkan sayap mereka. Gunakan perekat yang ringan. Dengan lembut pegang tubuh kupu-kupu dengan satu tangan dan gunakan tangan satu lagi untuk menaruh bagian kecil dari perekat di satu sisi dari sayap kupu-kupu. Ini akan menjaga sayap kupu-kupu tetap menyatu dan membantu kupu-kupu untuk kembali terbang.
  4. 4
    Tanam sebuah taman kupu-kupu untuk merawat kupu-kupu dalam jangka waktu panjang. Jika Anda ingin halaman Anda menjadi surga kupu-kupu, Anda dapat membantu mereka dengan menanam taman penuh dengan tanaman inang bagi kupu-kupu dan tanaman lain yang dapat menarik kupu-kupu untuk datang. Pertimbangkan untuk menanam spesies tanaman berikut (dan masih banyak lagi) untuk membuat kupu-kupu di daerah Anda senang dan sehat: [7]
    • Milkweed
    • Dill
    • Fennel
    • Peterseli
    • Bee balm
    • Mint (Daun mint)
    • Lavender
    • Lilac
    • Privet
    • Sage
    • Bunga Kertas

Tips

  • Resep nektar kupu-kupu: Taruh gula dan air dengan perbandingan satu banding empat di sebuah panci. Rebus sampai menjadi larutan gula dan biarkan dingin.
  • Beberapa kupu-kupu memakan buah. Kenali jenis kupu-kupu Anda untuk mencari tahu apa yang kupu-kupu Anda makan.
    • Jika Anda menggunakan buah, jangan membiarkan buah berada di kandang dalam waktu lama karena dapat berjamur. Sangat baik untuk menaruh buah baru di kandang setiap hari.

    SUMBER : http://id.wikihow.com/

0 komentar:

Posting Komentar